Strategi Mengembangkan Dakwah Akademik dalam Kampus

July 1, 2009 at 5:59 pm Leave a comment

Dakwah merupakan suatu cara penyampaian informasi yang bersifat positif dan bermanfaat bagi kemaslahatan orang banyak. Dakawah dapat dilaksanakan dimana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja. Dakwah dalam arti luas juga dapat dilakukan oleh siapa saja dengan tema dan materi yang dikuasiainya. Oleh karena itu, dakwah akademik dapat diartikan sebagai penyampaian informasi yang berhubungan dengan akademik.

Akademik atau pendidikan formal yang sampai sekarang menurut sebagaian besar masyarakat masih sebagai satu-satunya cara untuk mendapatkan kehidupan atau pekerjaan yang layak dan terhormat, memang sangat penting. Oleh karena itu, untuk mengembangkan dunia akademik perlu dilakukan dakwah akademik.

Dakwah akademik dalam kampus dapat dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik, oleh sesama peserta didik, atau bahkan oleh peserta didik kepada pendidik.

Kita sebagai bagian dari civitas akademika dalam kampus memiliki kewajiban untuk melaksanakan dakwah akademik. Agar dakwah akademik dapat berjalan lancar dan informasi yang ingin kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleeh audiens, kita harus memiliki trik-trik khusus. Beberapa trik atau srategi yang dapat kita gunakan dalam berdakwah dibidang akademik antara lain:

  1. Kita harus benar-benar memahami materi (informasi) yang ingin kita sampaikan;

  2. Materi yang akan kita sampaikan sebaiknya merupakan suatu informasi yang up to date atau materi yang benar-benar sedang di butuhkan oleh audiens atau pun oleh masyarakat;

  3. Dakwah akademik jangan hanya disampaikan dalam ruang-ruang formal, tapi juga perlu disampaikan dari satu individu ke individu yang lain sehingga kita akan mempunyai suatu jaringan dakwah akademik yang kuat.

  4. Materi dakwah yang disampaikan juga tidak monoton dalam satu bidang pendidikan, tetapi juga materi pendidikan-pendidikan yang lain.

  5. Materi dakwahnya juga dapat memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan dalam segala bidang;

  6. Dakwah akademik perlu dilakukan secara berkesinambungan sehingga jaringan dakwah yang sudah terbentuk tetap eksis dan tidak akan pernah terputus.

Dengan sedikit strategi di atas, insya Allah jika semua pihak melaksanakannya dengan baik dan ikhlas, dakwah akademik dapat berjalan lancar dan terus berkembang. Sehingga perkembangan dunia pendidikan tidak stagnan dan permasalahan dalam segala bidang tidak hanya menjadi sebuah wacan yang bagai lingkaran setan,tetapi dapat terselesaikan dengan baik tanpa menyakiti ataupun merugikan pihak-pihak tertentu.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Lebih Jauh dengan HIV/AIDS dan Penanggulanggannya TEKNOLOGI DAUR ULANG SKRAP BESI/BAJA: MENYELAMATKAN INDUSTRI BAJA NASIONAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: