cara berpikir maju

July 15, 2009 at 5:07 am Leave a comment

Rubahlah cara berpikir lebih dahulu, baru anda akan dapat merubah diri anda.

Aku pernah bertemu dengan orang yang mempunyai masalalu yang biasa saja, tapi dia selalu mendramatisir keadaan yang lebih membuatnya mempunyai alasan untuk menangis.

Sungguh menyedihkan orang ini, kita seharusnya mengasihani dirinya seperti dia mengasihani dirinya sendiri. Dia bisa menemukan alasan alasan kenapa dirinya harus bersedih, dia dapat dengan mudah menemukan alasan alasan itu dengan segera seperti alasan alasan itu sudah mengikat kuat dalam pikirannya, dalam ingatannya.

Tapi karena ini hanya untuk pelajaran, saya bisa menjelaskan kepada anda kenapa kita harus bersedih yang dibuat buat, yang hanya sebuah anggapan yang salah, dan karenanya kesedihan itu tidak berhak berada dalam diri kita.

Sebagai contoh:
Ada seorang yang kehilangan seorang anggota keluarga, seorang anak, atau seorang adik, seorang paman atau siapapun dari anggota keluarga kita yang hilang, atau meniggal dunia, atau apapun yang hilang dari mereka.

Kita sedih pada saat kehilangan adalah hal yang wajar, dan hal masih dapat ditolerir, namun bila hal ini berlanjut, ini hanya kesedihan yang dangkal, yang alasan kita cari cari, alasan yang dibuat buat, yang bila kita mencarinya dengan salah, kita akan menemukan seratus alasan untuk bersedih, bahkan sejuta alasan untuk itu.
Jadi sebenarnya kesedihan ini hanya sebuah alasan untuk mengasihani diri, sebuah alasan untuk membuat kita agar menemukan kembali kesedihan, agar menemukan kembali alasan untuk bersedih kita. Bukankah sebenarnya kesedihan itu adalah penemuan alasan untuk itu.
Hanya untuk mengatakan bahwa mereka adalah orang yang lemah, dan mereka akan menemukan alasan untuk itu.

Kesedihan yang dibawa bawa ini mempunyai pemantik seperti detonator yang mereka temukan dalam banyak cara, karena pikiran mereka terlatih untuk itu, karena pikiran mereka sudah terbiasa untuk mengingatnya kembali dengan mudah bahkan dengan tanpa usaha sedikitpun.

Ini sama juga terjadi dengan orang yang pemarah, kemarahan yang dibawa bawa yang sudah sejak lama bersemayam dalam dirinya. Kemarahan yang tiba tiba saja terjadi, yang mungkin dikarenakan hal hal yang seharusnya tidak menjadikan kemarahan, dan mereka jadikan hal ini menjadi emarahan besar, karena pada dasarnya mereka hanya mencari alasan untuk menutupi kekecewaan mereka terhadap dirinya sendiri.

Bila ada orang marah padamu, mungkin dia adalah seorang yang tanpa pendamping hidupnya atau hidup seorang diri dan nelangsa.

Bila ada orang marah padamu, mungkin hanya untuk menutupi kebodohanya, menutupi kelemahanya, padahal mereka membiarkanya terbuka.
Bila ada orang marah kepadamu, mungkin saja dia baru saja diputuskan oleh pacarnya, atau istrinya meminta cerai darinya.

Bila ada orang marah padamu, mungkin dia hanya kecewa dengan dirinya sendiri, mungkin juga dia pnya penyakit yang disembunyikan, penyakit yang hanya membuatnya luka dan mengasihani diri.

Dan kita harus kasihani mereka ini dengan cara yang berbeda.

Kesedihan mereka ini adalah kesedihan yang tanggung, kesedihan yang dangkal yang mereka tidak mau salami karena akan membuat mereka kehilangannya. Dan mereka hanya menyelaminya secara dangkal, karena bila mereka menyelaminya memehaminya, berarti mereka akan kehilangan kesedihan itu.

Entry filed under: pendidikan. Tags: .

pria selingkuh Struktur padatan kristalin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: