Lunch Box yang Aman untuk Anak

September 15, 2009 at 8:01 am Leave a comment

Lunch Box yang Aman untuk Anak

KOMPAS.com – Di pasaran banyak ragam kotak makanan atau minuman yang ditawarkan. Seperti apa yang paling sesuai untuk anak TK?

Desain. Patut diketahui, keterampilan makan dan minum masih dalam lingkup tugas perkembangan si prasekolah. Oleh karena itu, pilihlah desain kotak makanan yang sesuai untuk anak seusianya, yaitu yang bentuknya ramping sehingga bisa digenggam jari-jarinya yang masih mungil, bersudut tumpul sehingga tidak “menusuk”, dan mudah dibuka-tutup.

Untuk tempat minum, pilih yang ujungnya ada sedotan atau corongnya, sehingga memudahkan anak saat minum dan tidak tumpah.

Ukuran. Karena waktu sekolah masih pendek, pilih yang ukurannya kecil, karena yang dibawa juga tidak banyak. Sekadar cukup untuk menyimpan biskuit atau setangkup roti. Bentuknya yang kecil dan hanya bisa memuat sedikit membuatnya ringan, serta bisa dimasukkan ke dalam tasnya sehingga tidak berat.

Bahan. Pilih kotak makan yang ada tulisan food grade. Tulisan ini menjamin, bahan yang digunakan aman untuk menyimpan makanan atau minuman. Kotak makan atau minum yang terbuat dari plastik biasanya lebih ringan. Tip yang paling mudah saat membeli kotak makan dan minum dari plastik adalah dengan membauinya. Bahan yang baik biasanya tidak berbau plastik yang menyengat (seperti bau ember plastik).

Mudah dibuka-tutup. Pastikan tutupnya mudah dibuka dan ditutup oleh anak. Bahan yang baik meski seal-nya rapat tapi tetap mudah dibuka-tutup. Jangan pilih bukaan yang terlalu rumit. Pastikan dengan sekali angkat bisa terbuka. Kemampuan anak membuka atau menutup kotak makan dan minumnya ini sekaligus sebagai stimulasi motorik halusnya.

Tidak mudah tumpah. Kotak makan atau minum yang kedap udara menjamin makanan atau minuman yang dibawa tidak gampang tumpah. Ini penting sebab anak TK biasanya selalu berlarian ke sana-kemari. Kalau kotak bekalnya tumpah bisa-bisa baju atau tasnya kotor ketumpahan makanan dan minuman.

Kelengkapan. Pastikan kelengkapan kotak makan dan minumnya sesuai dengan kebutuhan anak. Meski 5 kriteria di atas sudah dipenuhi, tetapi kalau kotak makan itu tidak dilengkapi dengan sendok melainkan dengan sumpit, misalnya, tentu akan menyulitkan anak yang tidak terbiasa menggunakannya. Kemampuan anak menggunakan sendok ini terkait dengan perkembangan motorik halusnya. Meski saat makan sendiri masih berantakan, tetapi orangtua jangan terlalu banyak memberikan komentar. Kemampuan ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan usianya. Pastikan juga di dalam kotaknya ada beberapa sekat sehingga beberapa jenis makanan yang dibawa tidak akan tercampur.

Warna. Pilih kotak makanan berwarna cerah. Konon warna cerah akan mempengaruhi semangat anak selama berada di sekolah. Selain itu stimulasi warna juga masih bermanfaat untuk anak usia ini. Umumnya anak perempuan menyukai kotak makan atau minum berwarna pink atau merah, sedang anak laki-laki menyukai warna biru, kuning, hijau.

Gambar atau tulisan. Biarkan anak memilih sendiri gambar kotak makanan atau minuman yang disukainya. Tetapi kalau tidak, sebagai patokan umum, anak laki-laki umumnya menyukai gambar binatang atau karakter superhero, sedangkan anak perempuan menyukai gambar bunga atau kupu-kupu dan karakter seperti Barbie atau Disney Princess. Banyaknya huruf atau tulisan juga bermanfaat untuk si prasekolah yang sedang belajar mengenal huruf. Pastikan tulisannya sesuai untuk anak-anak, ya.

Harga. Untuk anak TK, sebaiknya belikan yang tidak mahal. Pertama, anak prasekolah masih gampang bosan. Apa jadinya kalau kotak makanan atau minuman mahal yang dibelikan hanya digunakan sebulan karena bosan dengan gambarnya?

Selain itu, anak TK masih sering menghilangkan barang atau lupa dimana menaruhnya, jadi kotak makan atau minum berharga standar lebih disarankan.

(Marfuah Panji Astuti/Nakita)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Mata Menggoda dengan Transplantasi Bulu Mata Albert Einstein

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: