Suara Bising Lalu-lintas Berkaitan Dengan Tekanan Darah Tinggi

September 15, 2009 at 7:35 am Leave a comment

Suara Bising Lalu-lintas Berkaitan Dengan Tekanan Darah Tinggi

Los Angeles (ANTARA/Xinhua-OANA) – Tinggal di dekat jalanan yang sibuk mungkin memberi sumbangan pada tekanan darah tinggi, demikian hasil satu studi yang disiarkan Ahad.

Orang yang rumahnya berada “sejengkal” dari gemuruh suara mesin, lengking bunyi klakson dan denyit suara rem memiliki risiko yang bertambah besar untuk terserang tekanan darah tinggi, kata studi tersebut –yang disiarkan di dalam “Environmental Health” terbitan September yang beredar di Amerika Serikat.

Untuk memastikan berapa banyak suara lalu-lintas yang dapat ditanggung orang dengan dasar rutin, para peneliti dari Lund University Hospital di Swedia menganalisis data dari hampir 28.000 orang yang ditanyai mengenai pengaturan tempat tinggal orang di Scania, satu provinsi di Swedia selatan.

Mereka mendapati bahwa orang yang masih muda dan berusia setengah baya yang tinggal di rumah yang terpajan terhadap suara berisik lalu-lintas di atas 60 decibel lebih mungkin untuk terserang tekanan darah tinggi, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan stroke dan penyakit pembuluh darah dan jantung.

Hubungan dengan tekanan darah tinggi bertambah kuat saat tingkat desibel naik.

Di antara orang yang lebih tua, yang berusia 60 sampai 90 tahun, tingkat decibel yang lebih tinggi tak berkaitan dengan peningkatan tekanan darah tinggi. Salah satu alasan bagi temuan tersebut boleh jadi adalah orang yang lebih muda memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terserang tekanan darah tinggi, sehingga dampak dari kebisingan lalu-lintas lebih nyata.

“Dampak suara berisik mungkin menjadi tak terlalu penting, atau lebih sulit untuk dideteksi, berkaitan dengan faktor resiko lain dengan bertambahnya usia,” kata penuli studi tersebut Theo Bodin. “Pilihan yang mungkin ialah gangguan suara berisik beragam pada usia manusia.”

Sebanyak 30 persen orang Eropa tinggal di berbagai daerah tempat rata-rata suara bising lalu-lintas ialah 55 decibel atau lebih tinggi, kata para peneliti itu. “Lalu-lintas di jalan adalah sumber yang paling penting bagi suara berisik di masyarakat,” kata Bodin.(mel)

Entry filed under: kesehatan. Tags: , , .

Bantal dan Kasur, Favorit Kuman Sudahkah Anda Menyikat Gigi dengan Benar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: