Gigi Kawat yang Terawat

March 28, 2011 at 4:42 pm Leave a comment

Gigi Kawat yang Terawat

KOMPAS.com – Sebenarnya, penggunaan kawat gigi berfungsi untuk memperbaiki posisi gigi kita yang tidak benar (proporsional) dan tidak rata. Hal itu banyak dilakukan untuk mendapatkan senyum manis yang sempurna. Perawatan yang tidak baik justru menjadi pemicu terjadinya kerusakan pada kawat dan gigi itu sendiri, sehingga membuatnya menjadi tidak nyaman waktu dipakai. Mempelajari dasar-dasar pemeliharaan kawat gigi dapat membantu untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

1. Bersiap untuk menyikat gigi. Lepaskan semua “aksesori” pendukung, seperti karet gigi dan peralatan orthodontik lainnya sebelum menyikat gigi.

2. Bersihkan kawat. Genggam sikat gigi dan buat sudut 45 derajat untuk membersihkan kotoran dan plak yang ada di daerah sekitar kawat dan pin. Lakukan gerakan menyikat dari atas ke bawah pada setiap gigi. Ambil waktu sedikit untuk memastikan semua plak dan kotoran sudah tuntas dibersihkan. Lakukan hal yang sama pada gigi di bagian geraham lainnya.

3. Sikat gigi. Bersihkan tiap gigi kita satu-persatu. Pertama, arahkan sikat gigi kita 45 derajat ke arah gusi, lakukan penyikatan dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan selama 10 detik. Lakukan gerakan ini pada semua bagian permukaan gigi (depan dan belakang). Turunkan sikat jika perlu untuk menggapai  bagian dalam dari gigi depan yang kecil.

4. Rutin flossing. Gunakan benang gigi yang sudah didesain untuk gigi berkawat. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

5. Cuci dan periksa. Berkumurlah dengan air atau obat kumur. Setelah selesai, periksa kembali gigi kita di depan kaca untuk memastikan semua bagian sudah bersih.

(Astrid Anastasia/Prevention Indonesia)

Entry filed under: kesehatan. Tags: , , .

TTEKNIK BUDIDAYA LELE Inilah Tontonan yang Layak untuk Si Kecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: