Bahaya Tindik Lidah

March 31, 2011 at 6:30 am Leave a comment

Bahaya Tindik Lidah

Bahaya tindik lidah. Tindik lidah memang sekarang ini sedang ngetrend dan banyak dilakukan oleh kalangan remaja, seperti yang dipopulerkan oleh banyak selebriti. Namun apakah anda mengetahui jika tindik lidah juga ada resikonya bila ditindik dan dengan menambah berbaagi pehiasan yang dipasang dilidah, seperti apakah bahaya tindik lidah itu?

Masalah yang paling umum terjadi setelah tindik lidah adalah pendarahan berlebihan, dan mengakibatkan infeksi. Selain itu juga gangguan bicara, masalah pada pernafasan dan bahkan dapat mengakibatkan patahnya gigi geligi. Tindik lidah lebih berpotensi untuk terjadinya infeksi dibandingkan tempat lainnya yang lazim ditindik misalnya daun telinga, mengingat letaknya yang berdekatan dengan saluran pernafasan dan mengandung banyak pembuluh darah. Jika terjadi infeksi pada lidah maupun dasar mulut (daerah di bawah lidah), dapat mengakibatkan pembengkakan pada lidah yang berujung pada kesulitan bernafas.

Infeksi juga rentan terjadi karena banyaknya bakteri di dalam rongga mulut yang disebabkan dari perhiasan yang dipasang dilidah. Jika peralatan atau perhiasan yang digunakan pada saat penindikan tidak steril, maka risiko terjadi infeksi bertambah juga. Belum lagi risiko terjangkit HIV jika sebelumnya peralatan tindik digunakan oleh penderita HIV dan tidak disterilisasi. Berbagai penelitian yang melibatkan pengguna tindik lidah menemukan bahwa gesekan yang terus menerus dalam jangka panjang antara perhiasan dengan gigi dapat mengakibatkan gigi retak bahkan patah, serta kerusakan pada gusi di bagian dalam gigi (yang menghadap lidah) dan tulang penyangga gigi.

Jika kebersihan mulut tidak terjaga, plak atau kotoran dapat terkumpul di sekitar perhiasan yang ditindik ke lidah dan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Hal ini dapat mengarah kepada infeksi dan pada kasus yang ekstrim dapat berujung kepada kondisi yang fatal, karena bakteri masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi organ vital seperti jantung. Jadi, pikir-pikir lagi deh kalau mau tindik lidah apakah itu aman atau membahayakan? Lebih baik jangan lakukan tidik lidah karena buruk bagi kesehatan

Entry filed under: Tips Kecantikan. Tags: , , .

Cegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi Organ Tubuh Yang Akan Hancur Akibat Begadang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: