Cegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi

March 31, 2011 at 6:27 am Leave a comment

Cegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi

Cegah Kannker Serviks dengan Vaksinasasi. Dalam dunia kesehatan wanita WHO menyatakan bahwa 490.000 wanita di seluruh dunia didiagnosa kanker serviks atau kanker rahim setiap tahunnya? Bahkan, hampir setengahnya meninggal dunia. Artinya, setiap 2 menit, seorang wanita meninggal akibat kanker serviks tersebut. Di Indonesia sendiri, satu wanita meninggal setiap jamnya.

Kanker serviks merupakan kanker yang disebabkan oleh virus human papilloma (HPV). Pria dan wanita yang telah berhubungan intim turut berisiko terinfeksi virus HPV. Yang sangat disayangkan dalam masalah penyakit ini, kebanyakan pasien baru menemui dokter setelah kanker serviks diderit hingga berada di stadium lanjut. Maka dari itu agar kanker serviks tidak menyerang sebaiknya Anda melakukan pencegahan, demi terhindar dari penyakit wanita yang membahayakan ini. Mari kita cari tahu cara cegah kanker serviks dengan vaksinasi berikut ini.

Untuk pencegahannya, disarankan khususnya wanita melakukan vaksinasi untuk memberikan kekebalan bagi tubuh terhadap virus HPV, tepatnya di bawah umur 20 tahun.

“Vaksinasi dapat dilakukan sejak usia di atas 10 tahun, tidak dalam keadaan mengandung, tetapi dapat dilakukan oleh ibu menyusui. Vaksinasi ada dua; servarix dan gradasil. Vaksinasi dilakukan dengan tiga kali injeksi,” tutur DR dr H Imam Rasjidi SpOG (k) Onk, spesialis kebidanan dan penyakit kandungan serta konsultan kanker kandungan pada temu media di Conference Room, MRCCC Siloam Semanggi, Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Langkah pencegahan lain juga dapat dilakukan melalui papsmear, sesegera mungkin setelah menikah.

“Papsmear saya sarankan dilakukan sesegera mungkin setelah Anda menikah. Jika hasilnya negatif, lanjutkan dengan vaksinasi. Vaksinasi juga tidak akan mengganggu kesuburan seseorang, sehingga proses kehamilan masih dapat terjadi. Hanya saja, ketika Anda memeriksakan air seni ternyata positif hamil, hentikan vaksin sementara,” sambungnya.

Untuk diketahui, apa manfaat vaksin? vaksin kanker serviks yang ideal memiliki fungsi mampu merangsang pembentukan titer antibodi (alat ukur seberapa banyak antibodi terkandung dalam suatu makhluk hidup/Wikipedia) yang tinggi, dapat memberikan perlindungan jangka panjang, dan dapat ditoleransi dengan baik.

Vaksin sendiri merupakan era baru dalam pencegahan penyakit kanker serviks bagi remaja putri dan wanita dewasa. Vaksin ampuh memberikan perlindungan terhadap HPV 16 dan 18, yaitu virus utama penyebab terjadinya kanker serviks.

Entry filed under: kesehatan. Tags: , , , .

Tips cara mencerahkan kulit wajah Bahaya Tindik Lidah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: