Tips Akur Dengan Mertua

April 1, 2011 at 4:44 pm Leave a comment

Tips Akur Dengan Mertua. Nah ini yang kerap jadi masalah dalam rumah tangga, yaitu hubungan antar mertua dan menantu, mungkin anda sering  mendengar cerita-cerita tak menyenangkan soal hubungan tidak akur suami atau istri dengan mertua. Tak hanya persoalan dengan mertua, kadang saudara ipar juga ikut campur memperkeruh suasana. Jadi agar anda bisa terhindar dari masalah hubungan dari pihak suami atau istri yang tidak mrngenakan semacam itu yang akhirnya membuat anda stress, maka saya disini akan memberikan tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk hubungan  keluarga khususnya dengan mertua bagaimana caranya agar anda bisa akur dengan mertua. Berikut tips Akur Dengan Mertua yang bisa anda simak dan pelajari.

Bekerja bersama

Memiliki hubungan yang nyaman dengan mertua bukan melulu tugas Anda, tapi pasangan juga harus terlibat di dalamnya dan menjadi penengah yang adil disaat masalh itu terjadi. Anda harus bekerja bersama, karena tidak adil menempatkan pasangan dalam situasi di mana dia harus memilih antara Anda atau keluarganya.

Buat batas

Kunci setiap hubungan sehat adalah pengaturan batas. Dengan mertua, Anda perlu mengatur batas, misalnya dalam hal berurusan dengan anak-anak, uang, kebiasaan, dan sebagainya. Anda tidak perlu memasang wajah tegang saat berhadapan dengan mereka membicarakan topik ini maka usahakan untuk tenang menghadapi masalah keluarga. Sebuah diskusi tenang akan jauh lebih solutif.

Komunikasikan

Komunikasi sangat penting, apalagi secara langsung. Artinya, jangan sampaikan masalah Anda dengan mertua atau saudara ipar kepada pasangan. Lebih baik, katakan sendiri, tatap muka. Karena, sangat mudah terjadi kesalahpahaman ketika Anda ingin menyelesaikan masalah lewat suara orang kedua, bukannya masalh selesai justru malah tambah memperpanjang masalah karena salah dengan penyampaian dari orang ketiga tersebut.

Kenali siapa Anda

Anda tidak perlu menjadikan diri sebagai menantu yang sempurna. Jangan mencoba untuk menjadi seseorang yang Anda pikir bisa menyenangkan mertua. Termasuk pilihan apakah Anda ingin menjadi ibu rumah tangga atau wanita karier. Toh, pasangan mencintai Anda apa adanya, mertua pasti akan belajar untuk menerimanya juga apa yang menjadi pilihan anaknya tersebut, bila rumah tangga anda berjalan baik waktu juga menentukan dan mertua menerima apa adanya juga.

Membuat kompromi

Kompromi adalah bagian penting dari hubungan apapun. Kadang-kadang Anda harus setuju untuk tidak setuju. Kadang-kadang Anda harus melakukan hal-hal yang akan membuat pasangan dan mertua bahagia. Begitu pun sebaliknya. Kompromi bukan hal yang buruk, tetapi tidak berarti harus selalu berkorban.

Tetap tenang

Kadang-kadang, Anda hanya perlu membiarkan diri berpikir dan bertindak tenang. Sangat penting untuk bersikap dewasa dan hormat ketika berhadapan dengan mertua. Anda pun bisa tumbuh makin dewasa saat bersinggungan dengan isu-isu semacam ini.

Punya selera humor

Seperti halnya pasangan, mertua Anda juga butuh waktu lama untuk mengenal kepribadian Anda. Sikapi kecanggungan atau sikap keras kepalanya dengan sedikit sentuhan humor. Pasti lebih ringan dan menyenangkan, dengan begitu mertua juga merasa terhibur dengan humoris anda.

Entry filed under: Tips Keluarga. Tags: , , .

Puding Kuning Syifa Tips Agar Bercinta Tak Lagi Membosankan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: