10 Khasiat Jambu Biji

June 17, 2011 at 4:06 am Leave a comment

Ugh, sakit perut lagi! Rasanya melilit-lilit! Maagnya kumat lagi? Atau karena diare? Jangan khawatir, gunakan saja obat tradisional ini, dijamin rasanya juga enak. Apa itu? Ini dia jambu biji!
Buah yang bernama latin psidium guajava, Linn. Ini sering disebut sebagai jambu klutuk, ada juga yang menyebutnya bayawas, tetokal, tokal, atau jambu bender, dan malah jambu batu.

Nggak Cuma maag dan diare yang bisa diobati dengan jambu biji. Buah ini juga merupakan obat untuk diabetes mellitus, masuk angin, beser, prolapsisani, sariawan, sakit kulit, dan luka baru. Cara-cara mengobati penyakit-penyakit itu, dapat kamu lihat dibawah ini:

1. Diabetes mellitus
Bahan: 1 buah jambu biji setengah masak. Cara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

2. Maag
Bahan:
8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

3. Sakit perut (diare dan mencret)
Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Sakit perut atau diare pada bayi yang masih yang masih menyusui
Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

5. Masuk angin
Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari.

6. Beser (sering kencing) berlebihan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (disangan kalo dalam bahasa jawa). Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

7. Prolapsisani
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lender poros usus (pusar) pada bayi.

8. Sariawan
Bahan:
1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari.

9. Sakit kulit
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 bunga jambu biji. Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

10. Obat luka baru
Bahan: 3 pucuk daun jambu biji. Cara membuat: dikunyah sampai lembut. Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengeluarkan darah terus-menerus.

Ternyata banyak sekali manfaat buah jambu biji yang mudah didapat ini. Semoga kita bisa lebih bersyukur. (alwi)

Disalin dari majalah elfata vol. 5 no. 06/2005 halaman: 47, dengan judul aslinya: Jambu Biji, Obat Siap Saji.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , .

Langsing dengan nanas Awet Muda dengan Kedelai In Info Herba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: