Sirsak bisa singkirkan penyakit

June 17, 2011 at 4:13 am Leave a comment

Buah sirsak? hampir semua orang pernah kenalan dengannya. Rasanya memang agak masam sih, tapi khasiatnya jangan sampai dilupakan.
Buah sirsak sudah familiar dengan kita. Buah ini bisa dibuat berbagai makanan yang lezat. Misalnya dodol, kripik atau bisa dimakan langsung. Sirsak yang punya nama Annona muricata linn ini, bisa ditanam dipekarangan rumah. Tapi sebenarnya tanaman ini bisa tumbuh disembarang tempat. Namun di daerah yang mengandung banyak air, sirsak akan tumbuh dengan baik.
Di Indonesia, sirsak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah yang ketinggiannya kurang dari seribu meter di atas permukaan laut. Nama sirsak berasal dari bahasa belanda, yaitu Zuurzak yang berarti kantung yang asam.
Daun sirsak berbentuk bulat telur dan agak tebal. Buahnya juga berbentuk bulat dengan permukaan kulit yang kasar. Buah yang sudah matang rasanya lebih terasa asam daripada manis.
Untuk Ambeien dan Asam Urat
Selain enak rasanya, buah ini juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Berbagai penyakit dan gangguan bisa diatasi dengan buah ini. Misalnya ambeien, sakit pinggang, bisul, mencret pada bayi, dan anyang-anyangan (sering buang air kecil tapi sedikit dan terasa sakit)
Sirsak dikenal memiliki nama yang berbeda diberbagai tempat. Masyarakat jawa misalnya, menyebutnya nangka sabrang atau nangka landa. Sedangkan orang sunda menamakannya nangka walanda.
Berbagai referensi menyebutkan, buah sirsak mengandung berbagai jenis zat dan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, dan besi. Juga beberapa vitamin, yaitu vitamin A, B, dan C. sedangkan batangnya mengandung senyawa tannin, ca-oksalat, dan filosterol.
Karena kandungan senyawa dan zat itu, maka sirsak bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Untuk mengobati ambeien misalnya, yang dimanfaatkan adalah buah sirsak yang sudah matang. Caranya, buah tersebut diperas dan diambil airnya sebanya satu gelas. Air tersebut diminum dua kali sehari.
Bayi yang mencret-mencret juga bisa disembahkan dengan sirsak. untuk keperluan ini, buah sirsak yang sudah matang diperas dan diambil airnya. Kemudian diminumkan air perasan tersebut ke bayi sebanyak 2-3 sendok makan.
Mereka yang mengalami sakit pinggan juga bisa memanfaatkan tanaman ini. Yang digunakan adalah daunnya. Caranya, ambillah 20 lembar daun sirsak dan rebus dengan lima gelas air hingga mendidih dan hanya tinggal tiga gelas. Air ini selanjutnya diminum satu kali sehari sebanyak tiga perempat gelas. Nah, hebatkan khasiatnya? Makan sirsak yuk! Allohu ‘alam.

Dinukil dari majalah elfata edisi 08 volume 07 tahun 2007, hal. 78

Entry filed under: Uncategorized. Tags: , .

Jahe, Rimpang dengan Sejuta Khasiat Wortel tak hanya untuk kelinci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts


%d bloggers like this: